Saling Serang Taliban-ISIS, 5 Orang dikabarkan Tewas

Warga Afghanistan memeriksa bagian dalam masjid, 21 Oktober 2017 (AP/ Rahmat Gul)

Bekasi, Perisaihukum.id – Telah terjadi saling serang antar Taliban dan ISIS di Kabul, Afghanistan (03/10/2021).

Hal itu dipicu lantaran Taliban dikabarkan terlebih dahulu mengantam sel tidur ISIS, selang berapa jam dari kejadian itu ISIS pun memberikan serangan balasan, dari kejadian tersebut dikabarkan 5 dari anggota Taliban dinyatakan tewas.

Dikutip dari media berita AFP, Selasa (05/10/2021), ISIS menyatakan serangannya pada Minggu (03/10/2021), itu dilakukan oleh salah satu anggotanya melalui praktik bom bunuh diri.

Sebelum beredarnya kabar terkait klaim ledakan oleh ISIS, juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid menyampaikan pesannya pada AFP, bahwa ada keterlibatan ISIS dalam ledakan tersebut.

Mujahid menerangkan para petempur Taliban sebelumnya tengah melakukan operasi yang menarget sel ISIS di utara Kabul, pada Minggu (03/10) sore waktu setempat.

“Pusat ISIS telah dihancurkan dan semua anggota ISIS didalamnya tewas,” terang Mujahid dalam laman Twitter.

Saksi dan jurnalis AFP mendengar ledakan dan tembakan senjata di Kabul pada saat serangan yang dilakukan Taliban.

Pegawai pemerintahan, Abdul Rahaman menyampaikan kepada AFP bahwa pasukan Taliban telah menyerang setidaknya tiga rumah di lingkungan sekitarnya.

“Pertempuran berlanjut hingga beberapa jam,” terangnya, ia juga menambahkan bahwa suara senjata telah membuatnya terjaga semalaman.

“Mereka mengatakan bahwa mereka mengejar petempur (ISIS) di area tersebut,” lanjut Rahman.

“Saya tidak tahu berapa banyak yang terbunuh atau ditangkap, tetapi pertempuran itu sengit,” tambah Rahman.

Seorang pejabat kebudayaan setempat, yang tak ingin namanya disebutkan, mengatakan kepada AFP bahwa telah diamankan tiga orang terkait ledakan di dekat Masjid Kabul, yang melukai sebelas orang dan menewaskan 5 nyawa. Para korban terdiri dari masyarakat sipil dan anggota Taliban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *